Selasa, 27 Oktober 2015

ANALISIS SINGKAT PT ERAJAYA SWASEMBADA, TBK


 

1)      Profil Singkat
Erajaya Group menjalankan kegiatan usaha distribusi dan perdagangan ritel perangkat telekomunikasi selular seperti telepon selular dan tablet, subscriber identity module card  ( SIM Card ), voucher isi ulang operator jaringan selular, aksesoris, serta gadget seperti komputer dan perangkat elektronik lainnya.”
Didirikan pada tahun 1996, Erajaya Group adalah salah satu perusahaan distribusi dan perdagangan ritel peralatan telekomunikasi selular terbesar yang terintegrasi, dan juga salah satu perusahaan yang paling terpercaya dalam bisnis usahanya di Indonesia.
Erajaya Group menjalankan kegiatan usaha distribusi dan perdagangan ritel perangkat telekomunikasi selular seperti telepon selular dan tablet, subscriber identity module card (SIM Card), voucher isi ulang operator jaringan selular, aksesoris, serta gadget seperti komputer dan perangkat elektronik lainnya.
Erajaya Group berada di posisi teratas di dalam bidang usaha distribusi dan perdagangan ritel produk-produk telepon selular. Prestasi tersebut tentunya tak lepas dari strategi distribusi dan ritel yang dikembangkan oleh Erajaya Group. Strategi- strategi yang dilakukan oleh Erajaya Group di tahun 2014 adalah : mendapatkan ijin distribusi telepon selular dari merek Xiaomi dan ASUS, mulai melakukan ekspansi ke regional-akuisisi perusahaan CG Computer di Malaysia (Apple Reseller), melakukan penambahan gerai Erafone Megastore, pembukaan gerai iBox yang terbesar di Asia, melakukan kerjasama dengan PT Sat Nusa Persada untuk memproduksi telepon selular merek sendiri (Venera), dan memperkenalkan sebuah format baru yang menitik beratkan pada penjualan produk-produk aksesoris tanpa menghilangkan penjualan handset- Eraplus Concept.
2)      Manajerial Perusahaan
a)      Aspek Organisasi

Secara keselurahan aspek organisasi dalam perusahaan ini dapat dikatakan baik . Dibuktikan dengan  visi misi Erajaya group dapat dilihat bahwa perusahaan ini mempunyai  komitmen untuk memberikan kepuasan bagi para konsumennya dengan menyediakan fasilitas dan memberikan solusi. Lalu memiliki struktur organisasi yang bertujuan agar dalam pembagian tugas dalam perusahaan tersebut dapat tertata dan tugas dari masing-masing bidang jelas. Selain itu dengan adanya struktur organisasi, setiap jabatan dapat mengerti kepada siapa ia harus bertanggungjawab dan untuk siapa ia bertanggungjawab. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kesalah pahaman antar pemegang tanggungjawab dalam perusahaan.

b)      Aspek Pemasaran
Aspek pemasaran perusahaan ini meliputi:

·         Produk
       Erajaya Group mendistribusikan produk-produk dan layanan telekomunikasi selular yang mencakup telepon selular, smartphone, tablet, kartu SIM perdana, voucher isi ulang, aksesoris, dan produk-produk Teknologi Informasi serta layanan pendukung lainnya. Erajaya Group juga unggul dalam layanan  e-commerce bagi konsumen ritel pengguna berbasis online, dan juga penjualan corporate.
Erajaya Group terus menjaga hubungan kemitraan yang baik dengan prinsipal merek-merek global penyedia perangkat telekomunikasi, meliputi Acer, Apple, Asus, BlackBerry, Dell, HTC, Huawei, Lenovo, LG, Motorola, Nokia, Samsung, Sony, dan Xiaomi.

·         Distribusi (place)
Jaringan distribusi Erajaya group menjangkau seluruh pasar utama di Indonesia termasuk pasar yang cenderung lebih mapan di wilayah Indonesia Barat seperti Pulau Jawa, Sumatera dan Bali, maupun pasar yang masih berkembang seperti wilayah Indonesia Timur, Sulawesi, Kalimantan dan Papua.

·         Promosi (Promotion)
Dalam mempromosikan perusahaannya, Erajaya Group menggunakan metode ‘up-selling’ dan ‘cross-selling’ diperkirakan dengan metode ini, perusahaan dapat lebih meningkatkan daya tarik jaringan distribusi Erajaya Group bagi prinsipal merek ketika prinsipal ingin menawarkan paket produk yang lebih komprehensif kepada pelanggan. Dengan kata lain perusahaan ini ingin meningkatkan daya tarik perusahaannya supaya prinsipal lebih tertarik dan percaya  dalam mendistribusikan produk mereka .

·         Harga (price)
Sebagai distributor yang besar di indonesia, perusahaan ini memberikan harga yang normal sesuai dengan standar harga di pasar internasional. Hal ini bertujuan untuk menarik minat konsumen karena harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitas dan merek dari produk yang bersangkutan.

c)      Aspek Operasional
PT. Erajaya group mendistribusikan produk produk dan layanan telekomunikasi seluler yang mencakup ponsel, smartphone, tablet, kartu sim perdana, voucher isi ulang, aksesoris, dan produk produk teknologi informasi serta layanan pendukung lainnya. Perseroan juga unggul dalam layanan e-commerce bagi konsumen pengguna berbasis online dan juga penjualan corporate. PT. Erajaya tentunya juga menjaga hubungan baik antar mitra mitra yang menjadi objek distribusinya.
Untuk menjaga eksistensi erajaya, Perseroan melakukan beberapa inovasi antara lain melalui perluasan cakupan wilayah operasional dengan mengkonsolidasi dan membuka titik-titik distribusi baru, menambah jumlah gerai ritel dan melekatkan aspek produktivitas yang berdampak pada tingkat penjualan, menciptakan saluran distribusi dan ritel baru yang diharapkan dapat terus memacu pertumbuhan usaha, serta pengembangan konten aplikasi.
            Dalam aspek daya saing perusahaan, PT. Erajaya Swasembada tetap menjaga daya saing perusahaan seperti, tetap menjaga kualitas pelayanan distribusi dan berusaha untuk tidak mengecewakan konsumen PT.Erajaya Swasembada. Selain menjaga konsumen, PT.Erajaya Swasembada juga memberikan banyak informasi bagi konsumen yang belum mengetahui tentang distribusi alat telekomunikasi yang dilakukan oleh Erajaya, sehingga masyarakat tersebut tertarik pada proses distribusi PT.Erajaya Swasembada yang cepat, tepat, efisien, dan pelayanan memuaskan.

d)     Aspek Sumber Daya Manusia
PT. Erajaya menggunakan  sumber daya manusia dari lulusan SLTP sebagai staff atau karyawan perusahaan hingga karyawan yang memiliki jenjang pendidikan tinggi seperti S2 yang ditempatkan sebagai manajer. Selain itu dalam perusahaan Erajaya group untuk mengelolah sumber daya manusianya, maka perusahaana memiliki Divisi Sumber Daya Manusia (Human Resources – HR). Divisi ini mempunyai peran yang sangat  penting dalam bisnis Erajaya Group, yaitu berperan sebagai mediator yang bertujuan untuk menyelaraskan kepentingan karyawan dengan kepentingan Perusahaan.

e)      Aspek Keuangan
Kondisi kesehatan keuangan relatif tidak stabil namun peningkatan keuntungan perusahaan di tahun 2014 meningkat dibanding dengan tahun sebelumnya. Sehingga kondisi keuangan perusahaan dapat dikatakan baik.

KESIMPULAN
Dari analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa perusahaan Erajaya Swasembada, Tbk merupakan perusahaan  yang baik dalam managerialnya. Perusahaan ini memenuhi semua aspek dalam managerial dari aspek organisasi, aspek pemasaran, aspek operasional, aspek sumber daya manusia dan aspek keuangan. Setelah dianalisis, masing-masing aspek telah dilakukan atau terpenuhi  dengan baik seperti dari aspek organisasi , struktur organisasinya jelas . Dari aspek pemasaran, pemasarannya baik dengan memberikan inovasi-inovasi yang dilakukan pada produknya. Dari aspek sumber daya manusia, untuk pengembangannya sangat baik dengan diadakan kegiatan-kegiatan yang menunjang kualitas tenaga kerjanya dan yang terakhir dari aspek keuangan dapat dikatakan sehat karena laba rugi di tahun 2014 lebih rendah dibanding dengan tahun sebelumnya. Hal ini dibuktikan dengan perusahaan Erajaya Swasembada ,Tbk masih menjadi perusahaan distributor barang telekomunikasi terbesar di Indonesia.

Secara keseluruhan perusahaan ini dalam memenegerial perusahaan mengikuti managerial perusahaan di Amerika dimana perusahaan disana membebaskan karyawannya untuk berpendapat demi kemajuan perusahaan. Jadi jika karyawan baik dari yang memiliki jabatan yang tinggi sampai yeng memilki jabatan rendah dapat memberikan pendapat atau masukan bagi perusahaa. Seluruh pendapat atau masukan dapat diterima jika masukan baik dan berguna bagi kemajuan perusahaan








Sumber:http://www.indonesia-investments.com/upload/bedrijfsprofiel/463/Erajaya-Swasembada-Annual-Report-2014-Company-Profile-Indonesia-Investments.pdf

2 komentar:

  1. Lucky Club Casino Site - Lucky Club Review 2021
    Lucky Club Casino is located in the beautiful city of Johannesburg. It is a very popular casino, a large number of luckyclub.live people from the local community and they

    BalasHapus
  2. Best Casino Deals in MD 2021 - DrMCD
    김해 출장마사지 2021/08 › best-casino-deals 광주광역 출장안마 › 2021/08 › best-casino-deals Jan 16, 충청남도 출장마사지 2021 — Jan 16, 2021 If you want to play your favorite 안동 출장안마 casino games on your Android device, you'll need 구리 출장샵 to download and install

    BalasHapus